Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Monday, March 11, 2019

5 Karakter Kucing Paling Terkenal di Dunia

Sejatinya kartun animasi sudah ada sejak tahun 1920 an, pada saat itu kartun masih hitam putih dan diam. Contohnya saja Mickey Mouse yang pada saat itu sempat booming pada abad ke 20. Disusul dengan banyak kartun yang dibuat kembali guna menghibur anak-anak.

Setiap kartun mempunyai tokoh utama, sama seperti film asli pada umumnya. Tokoh tersebut selalu muncul dalam setiap episodenya, dan mempunyai ciri khas dan disukai oleh anak-anak. Tokoh kucing yang terkenal lembut dan lucu di dunia kartun terbukti berhasil membuat anak-anak yang menontonnya terhibur, dan akhirnya terkenal. Berikut ini adalah beberapa tokoh kucing yang kartunnya terkenal di seluruh dunia.

5. Garfield

Siapa yang tidak kenal dengan kucing gemas yang suka makan lasagna ini? Kucing gendut ini selain menyukai lasagna tidak suka juga pada hari senin. Tokoh Garfield sendiri adalah tokoh komik yang diciptakan oleh Jim Davis pada tahun 1978. Awal terciptanya nama Garfield sendiri adalah nama dari kakek dari Jim, bernama James Garfield Davis, yang dahulu namanya diambil dari nama presiden Amerika Serikat James Garfield.

Pada tahun 2006, komik Garfield sudah terdaftar dan terlisensikan di 2.570 majalah dan surat kabar rekor pada Guinness World Record sebagai komik strip yang paling luas dilisensikan di dunia. Kartunnya sendiri yang berjudul Garfield and Friends yang tayang pada tahun 1988-1993 sendiri sudah tayang di Amerika Serikat dan juga luar negeri. Pada tahun 2004, tokoh Garfield diangkat ke layar lebar bernama Garfield the Movie dengan efek 3D komputer yang terlihat nyata.

4. Felix the Cat

Felix merupakan tokoh kucing bewarna hitam dengan muka putih, jika ditelusuri asal usulnya tokoh Felix bersengketa dengan kedua belah pihak. Ada yang mengakui bahwa diciptakan oleh seorang ilustrator Australia bernama Pat Sullivan dengan ilustrator Amerika Otto Messmer. Felix sendiri tercatat sudah dibuat 180 kartun, 169 diantaranya merupakan film bisu hitam putih yang mengudara dekade tahun 1919-1921 an.

Pada tahun 1988, diangkat ke layar lebar dengan judul Felix the Cat: the Movie.

3. Hello Kitty

Bagi pecinta kartun pasti mengenal dengan salah satu animasi ini, animasi dengan tokoh kucing yang sangat menggemaskan sempat booming loh di Indonesia. Di setiap toko boneka, VCD ramai memajang dagangan bertema Hello Kitty ini. Malah sampai dengan stikernya, dan sampai sekarang masih ada. Hello Kitty merupakan karakter berbentuk kucing betina yang memiliki ciri khas memiliki pita di kepala, ciptaan oleh perusahaan Jepang bernama SANRIO pada tahun 1974.

Di Jepang sendiri sempat redup dan akhirnya booming pada tahun 1996 ketika semua pelajar SMA maupun SMP memakai tas bergambar karakter lucu ini. Sedangkan di Amerika Serikat, terkenal berkat penyanyi Mariah Carey memakai busana beraksesoris Hello Kitty. Dan diikuti juga oleh beberapa selebritis lainnya seperti Cameron Diaz, Paris Hilton, dan lainnya. Hello Kitty juga pernah diangkat ke layar lebar berbentuk animasi dengan judul Kitty and Mimi's New Umbrella pada tahun 1981 dan merupakan film pertama karakter ini. Dilanjutkan dengan film anime nya berjudul Hello Kitty's Furry Tale Theater yang berjumlah 24 episode ditayangkan oleh stasiun televisi Amerika CBS pada tahun 1987. Film anime produksi Amerika juga berjudul Hello Kitty and Friends sebanyak 13 episode ditayangkan stasiun televisi Amerika CBS pada tahun 1991.

2. Doraemon

Kalian pasti sudah sangat mengenalnya, bukan? Tokoh robot kucing bewarna biru dari abad 22 dengan berbagai macam barang ajaib dari dalam kantongnya. Memang, Doraemon terbukti berhasil mengambil hati masyarakat Indonesia tidak terkecuali luar negeri. Doraemon merupakan karakter ciptaan kreator Fujiko F. Fujio pada tahun 1969, berupa manga dan komik. Bercerita tentang seorang anak laki-laki pemalas kelas 5 SD bernama Nobita yang kedatangan sosok robot kucing yang dikirim dari abad 22 oleh cicit dari Nobita sendiri untuk merubah nasib kakeknya di masa lalu bernama Doraemon.

Komik Doraemon sendiri tercatat sudah 1.345 komik dengan cerita sudah diciptakan oleh tangan Fujiko F. Fujio. Dan semuanya sukses menembus pasar luar Jepang, dan masuk ke Indonesia. Sedangkan filmnya sudah 39 film dibuat dari dekade tahun 1979 sampai dengan yang terbaru 2018.

1. Tom

Pasti pernah mendengar nama Tom, bukan? Yap, Tom merupakan salah satu karakter utama dalam serial kartun TOM AND JERRY, bersama dengan pasangannya seekor tikus cerdas bernama Jerry. Yang membuat orang-orang suka akan animasi ini adalah kelucuan mereka berdua yang selalu saling kejar-kejaran yang berujung kegagalan Tom yang malang. Diciptakan oleh William Hanna, dan Joseph Barbera pada tahun 1940 melalui studio animasi Metro-Goldwyn-Mayer. Kesuksesan animasi ini membawa MGM meraih kesuksesan besar dan memberikan angin segar bagi pertelevisian Amerika Serikat kala itu yang kebanyakkan menayangkan tayangan perang dunia I dan saat itu anak-anak sangat membutuhkan kartun segar. Tercatat sudah 7 kali menang Academy Awards kategori Film Animasi Pendek Terbaik.

Serial televisinya sendiri berjudul The Tom and Jerry Show (1975), The Tom and Jerry Comedy Show (1980-1982), Tom and Jerry Kids (1990-1993), Tom and Jerry Tales (2006-2008), dan Tom and Jerry Show (2014- sekarang). Dan juga terdapat beberapa film layar lebarnya.
loading...

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Twitter Update

 
loading...