Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Thursday, August 11, 2016

Kegiatan-Kegiatan yang 'Indonesia Banget' Dalam Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia

Sebentar lagi rakyat Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Bila kita membuka buku sejarah pas sekolah kita tahu bahwa Indonesia bisa meraih kemerdekaan dengan tidak mudah, telah banyak rakyat Indonesia dulu yang gugur melawan penjajah untuk menolak penjajahan ada di bumi pertiwi. Mereka disebut pejuang. Sekarang 71 tahun sudah kita merdeka, dan di jaman yang sudah modern ini masih ada beberapa kegiatan yang bisa dibilang selalu hadir memeriahkan ketika tiba hari kemerdekaan Indonesia, salah satunya yaitu diadakan berbagai lomba. Dan masih banyak lagi sebenarnya, dan kali ini saya akan mengulas apa saja kegiatan-kegiatan yang bisa dibilang Indonesia banget dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia.

5. Lomba 17 an







Kalau ini mungkin anda pasti sudah tahu, menyambut hari kemerdekaan Indonesia tidak akan lengkap kalau tidak ada lomba tujuh belasan. Biasanya di setiap kampung/blok desa sering diadakan, lombanya pun beragam; mulai lomba makan kerupuk yang berkecap, lomba ambil uang koin menggunakan mulut yang ditaruh di buah pepaya yang berlumuran oli, lomba pindahkan belut, balap karung, dan juga yang paling khas di perlombaan ini yaitu lomba panjat pinang. Lomba ini mengajarkan kita arti kerja sama, dan saling gotong royong. Dilakukan oleh beberapa orang laki-laki yang saling bahu-membahu naik menuju tiang atas yang disana telah tersedia berbagai hadiah. Bisa kompor gas, kipas angin, peralatan masak, sampai sepeda. Tidak gampang untuk bisa meraih hadiah-hadiah yang tersedia, tiangnya pun sengaja dilumuri semacam oli atau pelicin agar menambah keseruan.

4. Memasang Bendera Merah Putih di Depan Rumah


Kebiasaan ini entah dimulai dari kapan, namun seakan sudah turun-temurun dilakukan. Biasanya seminggu atau beberapa hari sebelum hari kemerdekaan Indonesia tiba, masyarakat Indonesia akan memasang tiang bendera di depan rumah mereka. Ini merupakan bukti bahwa masyarakat Indonesia memiliki rasa nasionalisme yang kuat. Sudahkah kamu memasang bendera merah putih di depan rumah?

3. Pawai Rias Sepeda









Kegiatan ini juga selalu ada dalam memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, iyap pawai rias sepeda. Pesertanya kebanyakkan anak kecil mulai dari umur 5 sampai 13 tahun yang berusaha merias sepedanya agar semenarik mungkin yang tentunya tidak jauh dari kesan Indonesia. Dan setelah itu mereka akan pawai keliling jalanan kampung bersama peserta lainnya dengan berbagai riasan di sepeda mereka.

Kegiatan ini bagus dan patut untuk selalu diadakan setiap tahun, agar mengajarkan anak arti rasa nasionalisme dan rasa kecintaan terhadap Indonesia.

2. Memasang Bendera di Kendaraan




Mungkin yang satu ini anda jarang mendengarnya, namun yang saya liat memang sering dilakukan pas menyambut hari kemerdekaan RI. Yaitu memasang bendera di kendaraan. Bukan bendera tiang yang besar, tapi ukuran kecil. Biasanya supir angkot atau minibus elf memasangnya di tengah kaca depan atau di kaca samping, tapi terkadang di mobil preman juga kok. Apakah anda juga ingin memasang bendera kecil di mobil anda?

1. Merias Kampung










Dan yang ini bisa dibilang Indonesia banget, ketika hari kemerdekaan Indonesia akan tiba, setiap kampung/blok desa akan merias lingkungan mereka. Antara lain memasang bendera bertali panjang yang terbuat dari kertas minyak, biasanya dipasang disepanjang jalan kampung atau gang. Bendera tiang yang dipasang di sepanjang jalan, sampai membuat gapura yang melambangkan dirgahayu kemerdekaan Indonesia.

Kira-kira itulah kegiatan-kegiatan yang bisa dibilang Indonesia banget untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia, dan saya mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia yang ke 71.

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update