Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Thursday, July 2, 2015

Saat Sahur Hindari Banyak Minum Teh dan Kopi




Puasa Ramadan tak lama lagi. Nah, bagi yang menjalankannya diimbau agar menjaga pola makan saat berbuka dan sahur dengan baik. Jangan sampai asal makan dan minum yang justru berdampak buruk bagi kesehatan.

"Bagi lansia, selama puasa juga tidak dianjurkan mengonsumsi banyak teh atau kopi saat sahur," kata dr Purwita SpPD-KGer, dalam seminar publik 'Puasa, Keadaan Lapar yang Menyehatkan' di aula kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Jl Samratulangie, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2013).

Menurut dr Purwita, kopi atau teh bisa merangsang tubuh untuk lebih banyak buang air kecil. "Jadi selama puasa bisa-bisa banyak cairan yang terbuang," sambungnya.

Dia juga mengingatkan agar selama puasa minum delapan sampai sepuluh gelas air. Selain itu juga tak ada salahnya untuk mengonsumsi jus buah. Dengan demikian maka tubuh tetap terhidrasi.

dr Purwita juga mewanti-wanti agar asupan makanan tetap dipenuhi seperti saat tidak berpuasa. Pada saat berbuka puasa dan bersahur, dia menyarankan agar mengurangi makanan dengan kandungan lemak tinggi. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang lebih lambat dicerna.

Ketika berbuka puasa, kurma sangat baik dikonsumsi. "Selain bisa mengembalikan kadar gula dalam tubuh, kurma juga bisa mencegah sembelit karena mengandung serat," terang dr Purwita.

Sumber: detikHealth

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update