Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Monday, June 8, 2015

Golongan Darah Terlangka di Dunia


Mungkin kita tidak asing lagi dengan golongan darah A, B, AB, dan 0 ( sebenernya bukan “ O “ huruf alphabet ke 15 tetapi 0 (nol) ).

- Golongan darah A memiliki sel darah dengan antigen A
- Golongan darah B memiliki sel darah dengan antigen B
- Golongan darah AB memiliki sel darah dengan antigen A dan antigen B
- Golongan darah 0 memiliki sel darah tanpa antigen

Jadi penyebutnya itu berasal dari antigen yang dimilikinya. Saat ini mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa golongan darah 0 bisa dipakai untuk transfusi ke golongan darah lain ( A, B, dan AB ) karena itulah golongan darah 0 disebut sebagai “Universal Donor”. Tapi sebenarnya hal itu tidak benar, karena pemberian golongan darah 0 kepada golongan darah lain pada kenyataannya bisa memberikan efek samping pada si penerima. Terlebih lagi bila di dalam plasma darah, golongan darah 0 ini terdapat anti A atau anti B yang ber”titer” tinggi ( 1/64 ).


Di Negara – negara lain anggapan golongan darah 0 merupakan “Universal Darah” sudah tidak dianut lagi, kecuali kalau diberikan dalam bentuk Packed Red Cells. 

G. B. Elliott dalam jurnalnya: “Transiently Dangerous Universal Blood” mengatakan bahwa Universal donor itu berbahaya. Dan sebenarnya pernyataan Dangerous Universal Donor ini sudah diperkenalkan oleh Levine dan Mabee di tahun 1923. 

Tapi ternyata golongan darah yang paling langka dan sulit ditemukan adalah bukan dari keempat golongan darah diatas. Masih ada satu golongan darah yang jarang kita ketahui dan termasuk golongan darah yang paling langka didunia, yakni "Golongan Darah Bombay"

Golongan darah Bombay pertama kali di temukan tahun 1952 di Bombay, India (makanya di kasih nama golongan darah Bombay). Golongan darah bombay ini merupakan golongan darah yang tidak memiliki ekspresi antigen sistem ABO dipermukaan sel darahnya. jika diperiksa dengan sistem biasa maka akan muncul golongan darah O namun tidak bisa menerima transfusi dari golongan O karena memang sebenarnya berbeda. Penamaan Bombay karena memang pertama kali ditemukan di Bombay India. Golongan darah type type Bombay adalah golongan darah dengan fenotipe hh atau mereka tidak mengekspresikan antigen H/substansi H (antigen yang terbaca sebagai golongan darah O).

Penamaan Bombay karena memang pertama kali ditemukan di Bombay India. Saran saya, jika memang memiliki golongan darah ini, simpanlah darah anda di PMI, karena jika sewaktu waktu anda membutuhkan anda tidak akan kesulitan.Karena bisa dikatakan PMI sulit mendapatkan tipe ini. Sesuai dengan namanya golongan darah bombay  sejak tahun 1950-an. Kemungkinan adanya golongan darah bombai ini 1 : 200.000, artinya dari 200.000 orang kemungkinan hanya satu ada golongan darah bombai.

Golongan darah ini sangat langka, entah kenapa, tapi orang-orang bertipe golongan darah bombay hanya dapat mendapat donor darah dari orang yang memiliki golongan darah type bombay juga, kalau tidak akan terjadi aglutinasi di dalam darah.

Kenapa langka?? Karena presentasi kejadian ini sangat kecil, mengingat substansi H adalah sangat dominan dibanding H.

Sedangkan Golongan darah type type Bombay adalah golongan darah dengan fenotipe hh atau mereka tidak mengekspresikan antigen H/substansi H (antigen yang terbaca sebagai golongan darah O).

Kabar baiknya : Orang-orang dengan Bombay blood dapat mendonorkan darahnya ke semua golongan darah lain (ABO) baik rhesus positif maupun negative. Tidak ada resiko akan adanya penolakan dari penerima, karena orang-orang dengan Bombay blood tidak mempunyai antigen H. Namun, orang-orang dengan Bombay blood harus menerima darah Bombay blood juga, apabila tidak, maka akan timbul reaksi hemolitik karena transfusi tersebut (Hemolitik : Sel darah akan pecah).

Kabar Buruknya : Saat memerlukan transfusi darah, Orang yang bergolongan darah Bombay blood hanya bisa dengan tipe Bombay blood juga. Astaga!!, sungguh mengerikan mendengar hal itu.

Sumber: http://akatsuki-ners.blogspot.com/2011/06/golongan-darah-paling-langka-didunia.html

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update