Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Friday, June 19, 2015

6 Serangan Bom di Dunia yang Pernah Gunakan Panci


Peralatan dapur ini tampak biasa saja. Namun siapa sangka di balik penampilannya yang tak terlihat berbahaya itu, panci masak tekanan tinggi (pressure cooker) telah kerap digunakan untuk melancarkan serangan bom mematikan.

Otoritas AS menyampaikan bahwa sisa-sisa potongan panci logam yang biasa digunakan untuk memasak presto itu, telah ditemukan di lokasi ledakan bom di kota Boston, Massachussets pada Senin, 15 April waktu setempat.

Ternyata, 9 tahun silam, otoritas AS pun telah mengingatkan soal bahaya panci ini digunakan sebagai bahan peledak.

Seperti dilansir CBS News, Rabu (17/4/2013), panci presto ini telah digunakan dalam berbagai serangan dan plot aksi terorisme sebelum insiden bom Boston Marathon, yakni:

Bom Panci di Times Square
Salah satu dari tiga bahan peledak yang digunakan dalam serangan 1 Mei 2010 di Times Square, AS, diketahui berupa panci presto yang berisi sekitar 120 petasan.

Bom Panci di India
Plot serangan di Jammu, India pada September 2003 digagalkan setelah otoritas setempat menyita sejumlah bahan peledak yang dikemas dalam dua panci prestor berukuran besar.

Bom Panci di Perancis
Pada Maret 2003, dua warga Aljazair dinyatakan bersalah atas merencanakan serangan bom terhadap sebuah pasar di Perancis dengan menggunakan panci-panci presto bermuatan bahan peledak.

Bom Panci di Nepal
Pada Februari 2002, dua bom panci presto digunakan dalam serangan ke menara lama Bandara Lukla di kaki Gunung Everest, Nepal.

Bom Panci di Nepal 2
Pada Februari 2001, empat polisi tewas seketika ketika para pemberontak Maois menggunakan dua bom panci presto dalam serangan ke konvoi pejabat-pejabat kehakiman di Nepal.

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update