Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Thursday, May 7, 2015

5 Landmark Terkenal yang Ada di Cirebon

Cirebon merupakan kota yang terletak di provinsi Jawa Barat, dan merupakan salah satu kota paling berpengaruh di Jawa Barat. Letak wilayah Cirebon sangat strategis, disebelah utara Laut Jawa, di sebelah selatan Kabupaten Kuningan, di sebelah barat Kabupaten Majalengka dan timur perbatasan Jawa Barat - Jawa Tengah. Tahukah sobat bahwa di daerah Cirebon terdapat banyak landmark atau cuma hanya ditemui di daerah Cirebon? Kalau orang Cirebon pasti tahu. Landmark apakah yang cuma ada di Cirebon? Silahkan disimak:

5. Cirebon Super Block Mall (CSB Mall)
CSB Mall merupakan salah satu mal yang ada di Cirebon, mal ini terletak di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo. Cirebon Super Block merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Kota Cirebon saat ini, yang dulunya dipegang oleh Grage Cirebon. Desain mal ini menggunakan gaya arsitektur modern, sehingga saat kita berada di CSB Mall, serasa nyaman.

Cirebon Super Block (CSB) ini dibangun dan dikelola oleh PT. Karya Bersama Takarob, salah satu anggota PT. Pintu Air Mas Group. Dalam mal ini terdapat banyak tempat hiburan, ruko, perkantoran bahkan hotel. Di CSB Mall anda dapat menemukan berbagai hiburan seperti Sinema 21/Cineplex 21, pusat perbelanjaan seperti Hypermart dan Matahari Dept Store, restoran, food court, arena bermain anak, hotel dan masih banyak lagi. Keamanan 24 jam dan area parkirnya luas.

Lokasi CSB Mall sangat strategis, berada di jalan paling berpengaruh di Kota Cirebon yaitu Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo. Banyak dilalui angkot, seperti GP (Gunung Sari - Plered), GS (Gunung Sari - Sumber), D3 (Dukuh Semar - Kesambi), D5 (Dukuh Semar - Pasuketan) dan lain-lain. Mudah dijangkau dari Stasiun kereta (Stasiun Cirebon dan Stasiun Prujakan).

4. PAM Tower Cirebon
Terletak di jantung kota Cirebon, yaitu terletak di Jalan Tuparev nomor 25. PAM Tower Cirebon merupakan landmark Kota Cirebon, PAM Tower ini merupakan milik dari PDAM "Tirta Dharma" Cirebon. PAM Tower Cirebon mudah dijangkau dan dilihat oleh pengendara yang lewat di jalan Tuparev, dan belum diketahui kapan tower PDAM Cirebon ini dibuat.

Ketika anda memasuki perbatasan kota Cirebon di jalan Tuparev, maka anda akan melihat sebuah tower PAM yang bertuliskan "Selamat Datang di Cirebon" "Cirebon Kota Berintan".

3. Apita Tower/Apita Green Tower Cirebon
Apita Tower merupakan landmark yang dapat anda temui di Cirebon, terletak di Jalan Tuparev dan merupakan sebuah hotel berbintang. Apita Tower dibuat dan dimiliki oleh Hotel Apita Green Cirebon, memiliki 16 lantai sehingga saat kita berada di lantai paling atas Apita Tower kita bisa melihat seluruh pemandangan kota Cirebon seperti Stasiun Cirebon, Laut Jawa dan lain-lain.

Pembangunannya sudah selesai dan kini sudah dapat dihuni oleh umum yang ingin menginap di Apita Tower. Bentuk dan desain Apita Tower sangat modern.

2. Stadion Bima
Stadion kembanggaan warga Cirebon, sudah banyak acara musik dan klub sepakbola yang pernah bermain di stadion ini. Stadion Bima terletak di kota Cirebon, memiliki kapasitas 15.000 penonton. Stadion ini memang tidak terlalu besar, tapi stadion ini terkenal bukan hanya oleh warga Cirebon tapi juga luar Cirebon. Terbukti saat para wayang Opera Van Java pentas di stadion ini dalam rangka Opera Van Java Roadshow 2012. Stadion Bima dibangun oleh Pertamina di kompleks perumahan Pertamina Kota Cirebon, tepatnya di jalan Brigjen Dharsono masuk.

Sayang, kondisi stadion Bima sekarang sangat mengkhawatirkan, butuh renovasi.

1. Masjid Raya At-Taqwa
Ini dia merupakan landmark paling sering orang tahu, bukan hanya oleh warga Cirebon tapi juga luar Cirebon. Masjid Raya At-Taqwa terletak di Kecamatan Kejaksan, tepatnya di Jalan RA. Kartini Cirebon. Lokasi masjid kebanggaan warga Cirebon ini sangat-sangat strategis, terletak di dekat alun-alun, yaitu Alun-alun Kejaksan. Bahkan masjid ini bersebelahan dengan alun-alun Kejaksan. Masjid At-Taqwa juga dekat dengan rumah dinas Bupati Cirebon (Pendopo), juga dekat dengan stasiun Cirebon.

Masjid Raya At-Taqwa dibangun pada tahun 1918 dan selesai pada tahun 1951, masjid ini mempunyai 5 menara yang salah satunya memiliki tinggi diperkirakan 65 m. Gaya arsitektur masjid yang mencirikan bangunan tropis dengan atap jurai serta dilengkapi dengan empat menara kecil (menaret) dan sebuah menara setinggi 65 meter. Arsitektur yang sungguh menakjubkan, hal ini membuat pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah shalat di Masjid At-Taqwa merasa nyaman.

Tidak usah ditanya lagi bahwa Masjid Raya At-Taqwa merupakan ikonnya Kota Cirebon, dan menjadi kebanggaan warga Cirebon.

Disusun oleh: Panji Ploembond Blog

Referensi:

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update