Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Tuesday, June 5, 2012

Turunkan Risiko Penyakit Jantung dengan Cokelat Hitam


Ghiboo.com - Coklat hitam (dark chocolate) memang terkenal kenikmatannnya. Selain rasanya yang enak, cokelat hitam juga memberikan perlindungan bagi kesehatan jantung.

Tim peneliti dari beberapa universitas di Melbourne, Australia, melakukan penelitian dengan menggunakan model matematis untuk memprediksi dampak kesehatan jangka panjang dengan mengonsumsi cokelat hitam setiap harinya.

Kemudian, peneliti merekrut 2.013 orang yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung karena memiliki sindrom metabolik, termasuk tekanan darah tinggi, kegemukan, kadar lemak tinggi dalam darah dan ketidakmampuan mengontrol gula darah. Namun, peserta tidak memiliki riwayat penyakit jantung atau diabetes, maupun menjalani terapi menurunkan tekanan darah.

Hasil temuan menunjukkan bahwa konsumsi harian 100 gram cokelat hitam berpotensi mencegah 70 kejadian kardiovaskular non-fatal dan 15 kejadian yang fatal per 10.000 orang yang diobati selama 10 tahun.

Peneliti menegaskan bahwa efek menguntungkan ini hanya bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi cokelat hitam, yang setidaknya mengandung 60-70 persen kakao. Cokelat susu atau cokelat putih tidak bisa memberikan manfaat yang sama.

Kakao dikenal sebagai buah yang kaya akan flovonoid. Antioksidan ini terkenal memiliki efek untuk melindungi kesehatan jantung.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan makan cokelat hitam bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga menurunkan risiko diabetes.

Sumber: http://health.ghiboo.com/turunkan-risiko-penyakit-jantung-dengan-cokelat-hitam

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update