Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Monday, June 18, 2012

Kebiasaan Ronda Keliling, Paling Indonesia

Pasti tidak akan habis-habisnya kalau kita mengulas tentang Indonesia, mulai dari adat istiadat, wisata bahkan sampai kebiasaan selalu mengundang kekaguman. Indonesia adalah negara yang memiliki banyak adat istiadat begitupun dengan kebiasaan, kebiasaan-kebiasaan yang tentunya unik dan tentu saja cuma ada di Indonesia. Seperti kebiasaan ronda keliling, kebiasaan itu cuma ada di Indonesia dan belum tentu ada di luar negeri. Biasanya kebiasaan ronda keliling selalu dilakukan oleh orang-orang terutama di daerah perkampungan penduduk, mereka biasa melakukannya pada saat malam hari antara mulai jam 20.00 sampai 03.00, mereka biasanya selalu keliling-keliling kampung dari blok ke blok. Kebiasaan ini mulai dilakukan dari turun-temurun, sejak dahulu, ronda merupakan kegiatan kekeluargaan yang mengutamakan untuk menjaga keamanan kampung. Tapi, seiring berjalannya waktu, kebiasaan paling Indonesia ini perlahan mulai hilang, bahkan sudah jarang ada orang yang melakukannya. Bahkan, kebiasaan ronda ini sudah diganti yang lebih efektif yaitu dengan jasa satpam, satpam sama seperti kebiasaan ronda yaitu untuk menjaga keamanan, biasanya satpam ditempatkan di daerah perumahan, asrama dan lain sebagainya.

Yang saya suka dari salah satu kebiasaan paling Indonesia ini adalah mereka yang mengikuti ronda keliling selalu membawa sarung, senter dan kentongan yaitu alat semacam pendamping dalam ronda yang dipukul kalau ada semacam bahaya seperti ada pencuri dan bencana alam. Ronda seperti kebiasaan khas Indonesia yang sudah dilakukan turun-temurun sampai sekarang meskipun kebiasaan ronda keliling sudah jarang dan sudah digantkan oleh satpam, sampai sekarang kebiasaan paling Indonesia ini masih ada yang melakukannya dan akan terus dipertahankan. Selain kebiasaan ronda dan satpam ada lagi satuan pengamanan kampung yang sering kita lihat yaitu Pertahanan Sipil (Hansip) atau Linmas, hansip selalu kita lihat di daerah pedesaan terutama di perkampungan, tugasnyapun sama seperti ronda dan satpam yaitu untuk menciptakan kemananan. Kalau menurut saya, kebiasaan ronda keliling dan Hansip/Linmas selalu bersama bahkan dalam ronda mereka selalu ikut dalam menciptakan perdamaian, pertahanan dan keamanan kampung.

Kita sebagai warga negara Indonesia harus bisa menjaga dan mempertahankan kebiasaan ronda keliling ini, sehingga kebiasaan paling Indonesia ini tidak akan terlupakan dan tidak tertelan oleh zaman. Saya juga pernah melakukan ronda keliling dengan tetangga saya, dimulai main catur di pos ronda sampai keliling-keliling. Saya cuma ikut ronda sampai jam 01.00 itu juga kalau besoknya libur karena sayanya pagi-pagi sekolah, meskipun begitu saya tetap senang bisa mempertahan kebiasaan ronda keliling ini. Sekarang sudah jarang kita lihat di perkampungan penduduk ada orang yang melakukan kebiasaan ronda, entah karena faktor malas, sudah ada hansip atau sudah ada Satpam. Padahal kalau kita ada kemauan untuk melakukan ronda keliling, pasti kebiasaan paling Indonesia ini tidak akan terlupakan dan tidak akan termakan oleh zaman. Kebiasaan ronda keliling adalah kebiasaan paling Indonesia, cuma ada di Indonesia, kalau ada di luar negeri itu pasti namanya bukan ronda keliling tapi namanya security.

Jadi, ayo mulai dari sekarang kita mempertahankan kebiasaan ronda keliling ini, perkenalkan sejak dini kepada anak-anak sehingga kebiasaan paling Indonesia ini tidak akan terlupakan dan tidak tertelan oleh zaman.

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update