Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Tuesday, June 5, 2012

3 Kebutuhan Pokok dalam Proses Tumbuh Kembang Anak


Ghiboo.com - Setiap orangtua pasti mendambakan anak yang sehat, cerdas dan kreatif, serta berperilaku baik. Sayangnya masih banyak orangtua yang belum mengetahui kebutuhan pokok apa saja yang diperlukan anak.

Menurut Dr Soedjatmiko, SpA(K), MSi, pakar tumbuh kembang anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), supaya bayi dan balita tumbuh kembang secara optimal diperlukan tiga kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh para orangtua, sejak anak masih di dalam kandungan.

1. Kebutuhan Fisik
Kebutuhan fisik ini mencakup kebutuhan gizi (ASI dan susu pendamping), imunisasi, kebersihan badan hingga lingkungan tempat tinggal, pengobatan, bergerak dan bermain. Kebutuhan fisik ini akan memengaruhi pertumbuhan fisik, sehingga berpengaruh pada berbagai kecerdasan anak.

"Kebutuhan fisik ini harus dimulai sejak janin di dalam kandungan. Bila kebutuhan fisik tidak terpenuhi, maka gizinya kurang, sering sakit, hingga perkembangan otak anak tidak optimal," ungkap Dr Soedjatmiko, dalam kelas parenting 'Nutrisi dan Stimulasi untuk kecerdasan anak di Konferensi Keluarga Cerdas Frisian Flag (1/6).

2. Kebutuhan kasih sayang
Kebutuhan kasih sayang mencakup bentuk kasih sayang dan kegembiraan orangtua kepada anaknya, seperti rasa dilindungi, rasa aman dan nyaman, diperhatikan, didengar keinginannya, tidak mengutamakan hukuman dengan kemarahan, dan sebagainya.

"Ibu hamil sebaiknya mengajak anak ngomong sejak di dalam kandungan. Kasih sayang yang diberikan sejak kehamilan hingga anak berusia 3 tahun dapat memengaruhi pembentukan kepribadian dan kecerdasan emosional anak," ungkapnya.

3. Kebutuhan stimulasi
Anak perlu distimulasi sejak dini untuk mengembangkan sedini mungkin kemampuan sensorik, motorik, emosi-sosial, bicara, kognitif, kemandirian, kreativitas, kepemimpinan, moral dan spiritual anak.

"Bila stimulasi bermain sehari-hari kurang bervariasi, maka perkembangan kecerdasan juga kurang bervariasi," jelasnya.

Sumber: http://health.ghiboo.com/3-kebutuhan-pokok-dalam-proses-tumbuh-kembang-anak

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update