Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Saturday, June 2, 2012

10 Cara Hilangkan Stres Dalam 5 Menit untuk Ibu Super Sibuk


Ibu yang sibuk sering menjadi stres karena kegiatannya begitu menumpuk. Mulai dari mengurus anak, suami hingga mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Maka dari itu, Anda perlu rileks sebentar untuk menghilangkan stres. Namun, bagaimana caranya bisa bersantai tanpa memakan waktu lama sehingga kegiatan lainnya tidak terbengkalai? Simaklah sepuluh tips berikut yang bisa membuat para ibu super sibuk, bebas stres hanya dalam waktu 5 menit.

1. Terkena Sinar Matahari

Sinar matahari bisa memperbaiki mood Anda karena efeknya meningkatkan serotonin dalam tubuh. Tidak ada salahnya keluar rumah sebentar di pagi hari, karena di waktu tersebut sinar mentari belum terlalu berbahaya. Sedangkan di siang hari, Anda bisa parkir mobil jauh dari toko ketika berbelanja atau duduk-duduk di teras rumah.

2. Membayangkan Diri Sedang Liburan

Ketika pikiran mulai padat, Anda bisa pejamkan mata kemudian bayangkan sedang liburan. Imajinasikan saja bagaimana liburan impian Anda, misalnya pergi ke pantai atau mendatangi sale di negeri tetangga. Dengan berimajinasi, Anda akan merasa rileks untuk sementara waktu.

3. Lompat Tali

"Lompat tali dengan gerakan yang berulang selama 20 menit membuat tubuh merasa baik, santai, dan lebih fokus," tutur Patricia Arcari, Ph.D., Direktur Calm Mother, Program Happy Child, di rumah sakit Massachusetts General, seperti yang dilansir oleh Parenting USA. Lakukan lompat tali bersama anak bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

4. Putar Musik

"Banyak orang rileks karena mendengarkan lagu klasik," ujar Suzanne Hanser, ketua Departemen Terapi Musik, di Berklee College of Music, Boston. Pilih musik kenangan yang Anda sukai, seperti musik favorit bersama suami, lagu saat kencan pertama, atau musik klasik kesukaan Anda dan orangtua.

5. Tarik Napas Panjang

Rapatkan kedua telapak tangan Anda, lalu tarik napas panjang beberapa kali. Mungkin hal tersebut kedengarannya aneh, tapi ternyata cukup membantu Anda sedikit menghilangkan stres.

6. Sebutkan Alfabet dari Z-A

Saat stres mulai menyerang, sebutkan alfabet mulai dari Z-A. "Ketika stres, saya coba mengatasinya dengan melafalkan alfabet mundur dari belakang. Baru sampai di huruf 'P', saya lupa apa yang membuat saya pusing,” urai Ann Eide, seorang ibu di Columbus, Mississippi.

7. Telepon atau Kirim Pesan Teks ke Seseorang

Dengan menelepon atau mengirimkan pesan singkat kepada teman atau suami sambil mengurus rumah bisa membuat pikiran tenang. Anda akan terlepas dari stres dalam beberapa waktu tanpa harus menunda pekerjaan. 

8. Cari Hal yang Bisa Buat Anda Tertawa

Banyak studi menunjukkan bahwa tertawa dapat menurunkan kadar kortisol yang merupakan hormon stres. Jadi, lepaskan tawa Anda saat bermain dengan anak, mendengar cerita lucu dari suami, atau menonton film hiburan.

9. Pakai Parfum dan Pengharum Ruangan

Percaya atau tidak, bau harum dapat membuat Anda lebih santai. Semprotkan parfum favorit ke tubuh Anda dan pengharum ruangan ke seluruh rumah supaya bisa menyejukkan pikiran. Mungkin wangi aromaterapi bisa menjadi pilihan.

10. Pijat Buah Hati Anda

"Penelitian mengungkapkan ketika Anda memijat si kecil, tingkat hormon stres mereka akan menurun," ujar Tiffany Field, Ph.D., direktur Touch Research Institute di Univesitas Miami, School of Medicine. Namun sebelumnya, baluri telapak tangan dengan baby oil. Selain anak merasa nyaman, Anda pun merasa senang karena bisa menunjukkan kecintaan seorang ibu terhadap anaknya.

Sumber: http://wolipop.detik.com/read/2012/05/28/160135/1926547/857/11/10-cara-hilangkan-stres-dalam-5-menit-untuk-ibu-super-sibuk

1 comment:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update