Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Friday, May 11, 2012

Peraturan Menhub: Ganti Rugi Penumpang Pesawat yang Tewas Rp 1,25 Miliar

Keluarga Yasinan dan pantau HP/detikcom

Jakarta
Asuransi kerugian menjadi salah satu isu penting pasca penemuan lokasi kecelakaan pesawat komersial Sukhoi Superjet 100. Pemerintah sendiri telah mengatur besaran ganti rugi bagi korban tewas.

Ganti rugi itu diatur dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan No 77/2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara. Di dalam salah satu pasalnya, penumpang yang meninggal dunia mendapatkan ganti rugi Rp 1.250.000.000.

Mari kita simak pasal tersebut:

BAB II
Jenis Tanggung Jawab Pengangkut dan Besaran Kerugian
Bunyi
Pasal 2

Pengangkut yang mengoperasikan pesawat udara wajib bertanggung jawab atas kerugian terhadap:

a. penumpang yang meninggal dunia, cacat tetap atau luka-luka;

Pasal 3

Jumlah ganti kerugian terhadap penumpang yang meninggal dunia, cacat tetap atau luka-luka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf a ditetapkan sebagai berikut:

a. penumpang yang meninggal dunia di dalam pesawat udara karena akibat kecelakaan pesawat udara atau kejadian yang semata-mata ada hubungannya dengan pengangkutan udara diberikan ganti kerugian sebesar Rp 1.250.000.000,00 (satu miliar dua ratus lima puluh juta rupiah) per penumpang.


Apakah korban Sukhoi Superjet 100 akan mendapatkan ganti rugi sesuai dengan PM yang berlaku 1 Januari 2012 tersebut? Dan apakah PM itu juga berlaku untuk kasus Sukhoi itu, menyusul Sukhoi itu dalam rangka demonstrasi alias joy flight dan bukan terbang komersial, serta dioperasikan oleh maskapai asing? Masih belum jelas.

Yang pasti, pabrikan Sukhoi melansir bahwa pesawat Sukhoi yang berpromosi di Indonesia itu telah diasuransikan. Nilai pertanggungan pada pihak ketiga, termasuk penumpang dan kru, mencapai US$ 300 juta. Sunaryo dari PT Trimarga Rekatama, agen Sukhoi di Indonesia, menyebut asuransi dari Sukhoi untuk tiap korban sebesar US$ 50 ribu (Rp 464 juta).

Sumber: http://news.detik.com/read/2012/05/11/180752/1915321/10/peraturan-menhub-ganti-rugi-penumpang-pesawat-yang-tewas-rp-125-miliar?9922032

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update