Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Sunday, May 27, 2012

Mengapa Harus Meremukkan Botol Air Mineral?


Belakangan ini kita selalu melihat iklan-iklan minuman air mineral yang mengajak kita untuk meremukkan botol minuman tersebut setelah kita meminumnya dan dibuang ke tempat sampah. Ternyata terdapat nilai positif dari iklan air mineral di Televisi itu tentang meremukkan botol. Apa sih tujuan dari iklan air mineral tersebut yang mengajak kita untuk meremukkan botol dan dibuang ke tempat sampah? Apa manfaat dari meremukkan botol air mineral?

Kampanye ini diawali oleh Ades. Produk air mineral yang diproduksi oleh Coca Cola Amatil Indonesia ini memperkenalkan kemasan baru Ades dengan disertai kampanye peduli lingkungan yang berslogan Pilih, Minum dan Remukkan. Melalui iklan tersebut Ades mengajak masyarakat Indonesia untuk meremas atau meremukkan botol air mineral yang isinya telah habis diminum. Setelah diremukkan, botol kosong tersebut lalu dibuang di tempat sampah.

Seperti dilihat di Televisi, iklan air mineral Ades mengajak kita untuk bersama menjaga lingkungan dengan ikut meremukkan botol. Dengan membeli botol air mineral Ades, minum dan remukkan. Di akhir iklan terdapat tulisan "Langkah kecil memberikan perubahan".



Langkah Ades kemudian diikuti oleh Aqua dengan kampanya yang serupa, yaitu mengajak masyarakat untuk meremukkan botol aqua kosong, lalu membuangnya ke tempat sampah. Untuk kampanye peduli lingkungan ini Aqua mengusung slogan Awal yang baik, Akhir yang baik. Aqua percaya bahwa mereka telah memulai kebaikan lewat proses produksi Aqua yang peduli lingkungan dan mereka berharap konsumen juga melakukan kebaikan, yaitu dengan meremukkan botol aqua yang sudah habis diminum.


Sebenarnya apa sih tujuan dari meremas atau meremukkan botol air mineral kosong ini? Paling sedikit ada 4 tujuan dari Ades dan Aqua, yaitu:
  1. Menarik simpati masyarakat dengan menunjukkan bahwa mereka peduli terhadap kelestarian lingkungan.
  2. Memulai suatu gaya hidup yang baru, seperti iklan Oreo yang berslogan diputar, dijilat, trus diclupin.
  3. Mencegah terjadinya pemalsuan terhadap produk mereka. Seperti yang kita ketahui, botol air mineral merupakan salah satu sampah favorit para pemulung. Sebagian besar pemulung akan menjual botol tersebut untuk didaur ulang. Namun beberapa pemulung yang tidak bertanggung jawab akan menjualnya ke pemalsu air mineral dalam kemasan.
  4. Botol yang diremukkan memakan ruang yang lebih sedikit di tempat sampah. Sehingga emisi karbon yang dihasilkan saat mengangkut sampah menjadi lebih sedikit.
Meremukkan botol air mineral yang sudah habis diminum ternyata memberikan dampak positif bagi lingkungan kita. Maka mulai dari sekarang mari kita mulai kebiasaan baik ini. Remukkan kemasan yang akan Anda buang ke tempat sampah. Hal ini tidak hanya berlaku untuk Ades dan Aqua, melainkan untuk botol-botol lain dan kemasan-kemasan lain. Sehingga sampah yang kita buang lebih menghemat tempat dan emisi karbon yang dihasilkan dari proses pengangkutan sampah yang kita buang pun lebih sedikit.

Sumber: http://www.tunardy.com/mengapa-harus-meremukkan-botol-air-mineral/

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update