Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Monday, May 28, 2012

5 Fakta Terkait Tintin di Indonesia

Daya tarik Indonesia dengan kekayaan alamnya yang menawan, setidaknya mengilhami Georges Remi alias Herge untuk membuat serial Petualangan Tintin semakin beragam. Pada Penerbangan 714 ke Sydney, Tintin, Kapten Haddock dan Profesor Lakmus, memulai petualangan barunya di Indonesia. Secara tidak sengaja mereka terlibat petualangan luar biasa di Indonesia (aslinya disebutkan Sondonesia) dan bertemu dengan UFO dan makhluk luar angkasa ketika pesawat mereka dibajak dan dipaksa mendarat di sebuah pulau terpencil di daerah Indonesia Timur. Berikut 5 fakta terkait petualangan Tintin di Indonesia. 

1. Transit di Bandara Kemayoran, Jakarta

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Sydney, pesawat Boeing 707 dengan nomor penerbangan 714 dari London yang ditumpangi Tintin, Kapten Haddock dan Profesor Lakmus, transit terlebih dahulu di Jakarta International Airport yang ketika itu masih berlokasi di Kemayoran. 

2. Kontak udara dengan menara Indonesia

Di Jakarta, Tintin Cs bertemu teman lamanya Kapten Szut yang telah menjadi pilot pribadi miliuner Laszlo Carreidas. Sang miliyuner mengajak serta Tintin Cs untuk menumpangi pesawat jet pribadinya yang  berjenis Carriedas 160 tujuan Sydney. Pesawat tersebut nantinya melakukan kontak udara dengan menara udara Mataram dan menara Kontrol Makasar. 

3. Berpapasan dengan perahu Pinisi

Ketika terbang rendah di perairan Indonesia, pesawat jet Carriedas 160 yang berusaha menghindari radar, merangsek layar perahu pinisi milik salah satu nelayan Indonesia. Disitu terlihat sang pelaut mengucapkan sumpah serapah pada pesawat yang menghantam perahunya..

4. Pulau Bompa=Pulau Komodo?

Pesawat yang ditumpangi Tintin Cs mendarat darurat di sebuah pulau bernama Pulau Bompa (mirip Pulau Komodo) yang kurang lebih terletak di Indonesia bagian Timur. Dalam cerita pulau tersebut dikisahkan terletak di Laut Sulawesi dan merupakan pulau yang terdapat gunung berapi aktif sebagai rangkaian dari sabuk gunung api dunia. 

5. Mamalia Indonesia

Di Pulau Bompa terdapat beberapa milisi lokal Indonesia yang dipekerjakan musuh bebuyutan Tintin, Roberto Rastapopoulos dalam melakukan pembajakan pesawat Carriedas. Si milisi nampak menggunakan pakaian tradisional Indonesia, terutama mengenakan topi kopiah. Selain itu keberadaan naga Komodo, burung Rangkong dan seeokor Bekantan semakin menyiratkan kekayaan Indonesia dengan mamalia khasnya.

Sumber: komik petualangan tintin, 2011
Diambil dari: http://www.uniknya.com/2011/05/25/5-fakta-terkait-tintin-di-indonesia/

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update