Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Thursday, May 3, 2012

10 Negara Dengan Harga BBM Termurah di Dunia


Bahan bakar minyak alias BBM adalah komoditi yang sangat penting, semua negara membutuhkan, bahkan saking pentingnya, sering terjadi peperangan hanya untuk memperebutkan emas hitam ini. Jangan heran jika BBM makin hari harganya makin mahal. Namun bagi negara dalam daftar ini harga BBM tetap sama untuk konsumsi domestik. Harga rendah karena mereka mempunyai cadangan yang cukup besar.

Berikut ini adalah daftar 10 Negara Dengan Harga BBM Termurah di Dunia:

10. United Arab Emirates ($ 0.37/liter atau Rp. 4.300,-/L)
United Arab Emirates adalah sebuah negara yang menarik untuk menjadi tempat tinggal. Selain memiliki salah satu harga BBM termurah di dunia mereka juga negara terkaya nomor 4 di dunia.

9. Bahrain ($ 0.27/liter atau Rp. 3.159,-/L)
Sebagai negara dengan luas wilayah yang kecil dan mempunyai akses yang luas pada negara-negara produsen minyak, maka jangan heran jika harga BBM di negara ini murah meriah.

8. Qatar ($ 0.22/liter atau Rp. 2.575,-/L)
Dengan produk minyaknya yang melimpah dan dengan jumblah penduduk yang tak terlalu besar, Qatar menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Wajar saja negara ini mempunyai kemampuan untuk menjual minyak yang mahal ke luar negeri dan menjualnya dengan harga murah di dalam negeri.

7. Kuwait ($ 0.21/liter atau Rp. 2.457,-/L)
Hampir sama seperti di Qatar, Kuwait adalah negara nomor 5 terkaya di dunia, jadi sangat masuk akal bahwa harga BBM di Kuwait sedikit lebih murah daripada di Qatar.

6. Libya ($ 0.14/liter atau Rp. 1.636,-/L)
Negara yang barus saja terkena krisis pemerintahan ini adalah negara dengan cadangan minyak terbesar di Afrika dan nomor 9 di dunia. Panas saja kalau harga minyak di negara ini miring.


5. Arab Saudi ($ 0.12/liter atau Rp. 1.404,-/L)
Saya rasa tak ada yang meragukan negara ini untuk membentuk harga murah terhadap BBM di negara ini. Semua orang di dunia ini juga tahu kalo negara ini adalah dedengkotnya petrodollar.

4. Iran ($ 0.11/liter atau Rp. 1.287,-/L)
Walaupun oleh para ahli negara ini diperkirakan akan kehabisan cadangan minyak pada 74 tahun mendatang, namun negara ini nyatanya tetap memberlakukan harga murah untuk BBM di negara ini.

3. Nigeria ($ 0.10/liter atau Rp. 1.170,-/L)
Nigeria memiliki cadangan minyak 10 terbesar di dunia. Namun juga memiliki catatan konflik yang berkepanjangan, jadi jangan heran jika pemerintah setempat tak ingin membuat rakyat marah dengan harga BBM yang tinggi.

2. Turkmenistan ($ 0.08/liter atau Rp. 936,-/L)
Entah sebab apa negara ini bisa mempunyai harga yang rendah untuk minyak mereka, yang jelas, negara yang terletak di sekitar Asia dan Eropa ini mempunyai harga yang rendah untuk BBM, bahkan harga seliternya lebih murah dari sebungkus mie instan.

1. Venezuela ($ 0.05/liter atau Rp. 585,-/L)
Venezuela dipimpin oleh Presiden Hugo Chávez - cukup terkenal untuk orang-orang yang mengikuti politik internasional. Seorang sosialist. Ia melakukan hampir apapun yang ia pikir membantu rakyatnya untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Tentunya dengan harga BBM yang murah, akan lebih mudah rakyat memilih dia kembali pada pemilu.

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update