Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Thursday, April 26, 2012

5 Hal yang Ditakuti Pendaki Gunung


Mendaki merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, dengan mendaki ke sebuah gunung kita bisa merasakan udara segar dan untuk berlibur setelah lelah bekerja. Acara mendaki sudah menjadi hal biasa untuk seorang pendaki, seorang pendaki yang berpengalaman pasti sudah tahu arah atau jalan rute pendakian, perlengkapan dan lain-lain. Mendaki biasanya dilakukan oleh suatu kelompok dan mendaki secara bersama-sama bahkan ada juga yang mendaki dengan seorang diri.

Namun buat para pendaki gunung, apa yang mereka takutkan ketika sedang mendaki sebuah gunung? Mungkin tidak ada yang mereka takutkan kecuali takut tersesat ketika sedang melakukan pendakian. Ternyata pendaki tidak hanya takut tersesat saja, masih ada lagi ketakutan-ketakutan yang paling sering dialami oleh para pendaki. Mau tahu hal-hal yang ditakuti oleh pendaki gunung? Berikut 5 Hal yang Ditakuti Pendaki Gunung silahkan disimak:

5. Diterkam Binatang Buas
Tanpa diketahui oleh orang-orang bahwa para pendaki takut diterkam binatang buas. Para pendaki yang akan melakukan pendakian gunung selalu dihantui oleh perasaan takut akan nantinya saat mendaki mereka tiba-tiba diterkam binatang buas. Memang benar, di gunung yang disertai dengan hutan yang lebat bisa jadi sarang binatang buas, sehingga anda terutama pendaki yang ingin melakukan pendakian harus hati-hati bila saat anda sedang mendaki gunung tiba-tiba anda diserang oleh binatang buas. Kewaspadaan dan ketelitian menjadi hal yang wajib ketika melakukan pendakian.

Tips:
-Melakukan pendakian disarankan dilakukan bersama-sama jangan seorang diri, karena mengantisipasi bila anda tiba-tiba diserang oleh binatang buas. Sehingga bila anda tiba-tiba diserang oleh binatang buas saat mendaki, teman-teman anda bisa menolong anda. Bayangkan bila anda mendaki seorang diri dan anda diserang oleh binatang buas, apa ada yang mau menolong anda.
-Disarankan melakukan pendakian pada saat pagi hari jangan malam hari.
-Sebelum melakukan pendakian bersama-sama, bacalah doa sehingga nanti saat pendakian menjadi lancar dan tidak ada kejadian yang tidak inginkan.

4. Takut Pesediaan Makanan Habis
Mungkin ini jarang dipikirkan oleh pendaki, namun ini kenyataannya yang sering ditakuti oleh para pendaki. Pendaki takut bila persediaan makanan yang mereka bawa akan habis, mau makan apa bila persediaan makanan habis? Mau makan daun. Mendaki sebuah gunung yang tinggi pasti memiliki sebuah persediaan yang cukup, pendaki biasanya pada saat mendaki dan menunjukkan hari akan gelap juga belum sampai di pos pemberhentian, para pendaki akan mendirikan tenda di tengah-tengah rute. Membawa persediaan makanan yang cukup bisa membuat pendaki tenang untuk mendaki.

Tips:
-Sebelum mendaki, bawalah makanan yang banyak berupa nasi dan makanan ringan.
-Pada saat dalam pendakian, anda harus makan, makanlah seperlunya jangan dihabiskan semua. Jaga-jaga bila anda mau makan lagi.
-Disarankan sebelum melakukan pendakian, berdoa supaya selamat. 

3. Takut Ada Hantu
Aduh, aneh dan tidak masuk akal, apakah ada hantu di sebuah gunung yang diselimuti oleh hutan-hutan yang lebat? Mungkin ada dan juga mungkin tidak ada. Tapi ini memang kenyataan yang sering pendaki takutkan, walaupun tidak semua para pendaki takut akan hantu. Mungkin penunggu gunung tersebut kali!!! Serem...

Tips:
-Lakukan pendakian secara bersama-sama.
-Lakukan pendakian pada pagi hari jangan malam hari.
-Sebelum melakukan pendakian, disarankan untuk bedoa terlebih dahulu supaya selamat.

2. Takut Ditinggal Oleh Teman Saat Mendaki
Ini merupakan salah satu hal yang para pendaki takutkan, yap benar, takut ditinggal teman saat mendaki. Mungkin kalian tidak mau bukan bila kamu ditinggal oleh teman-teman kamu saat mendaki apalagi kalau kamu tidak tahu rute pendakiaanya, aduh gawat. Memang benar, bila kamu sedang melakukan pendakian dengan teman-temanmu secara bersama-sama pasti takut kalau kamu ditinggal oleh teman-teman kamu saat mendaki bukan? Bila kamu sedang mendaki gunung bersama teman-teman kamu secara bersama-sama, dan kamu tiba-tiba ditinggal oleh teman-teman kamu lebih gawat lagi jika kamu tidak tahu arah rute pendakiannya. Wah, sudah mati sajalah di dalam hutan atau menunggu bantuan datang (Itu juga kalau berhasil menemukan kamu, kalau tidak bisa menemukan kamu dan pencarian dihentikan).


Tips:
-Sebelum melakukan pendakian, mintalah peta rute pendakian kepada petugas pos pendakian.
-Lakukan pendakian secara bersama-sama dan selalu dekat dengan teman-teman saat mendaki.
-Bacalah doa sebelum melakukan pendakian bersama-sama.

1. Takut Tersesat
Ini dia hal yang paling, paling, paling sering ditakuti oleh para pendaki, ya benar sekali, takut tersesat. Seorang pendaki sangat takut tersesat saat mendaki, entah secara bersama-sama ataupun dengan sendirian. Seorang pendaki harus memiliki sebuah peta rute pendakian sehingga si pendaki tersebut tidak akan tersesat. Coba bila anda sedang melakukan pendakian dan anda tiba-tiba tidak tahu rute arah pendakian dan akhirnya anda tersesat, mungkin hal tersebut tidak ingin dialami oleh setiap pendaki.

Tips:
-Sebelum melakukan pendakian, mintalah peta rute pendakian kepada petugas pos pendakian.
-Memiliki sebuah peta rute pendakian bisa membantu anda pada saat mendaki.
-Bacalah doa sebelum melakukan pendakian.

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update