Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Saturday, January 7, 2012

10 Orang Terkenal Yang Meninggal Akibat AIDS


AIDS merupakan penyakit dari sistem kekebalan tubuh manusia yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV). Kondisi ini semakin mengurangi efektivitas dari sistem kekebalan tubuh dan membuat seseorang rentan terhadap infeksi oportunistik dan tumor. Pada 2009, diperkirakan bahwa ada 33,3 juta orang di seluruh dunia terinfeksi HIV. Namun, sebagian orang dengan virus tidak tahu mereka memilikinya. Jutaan orang meninggal akibat penyakit terkait AIDS setiap tahun.


Bahkan di Indonesia terdapat banyak pelajar maupun mahasiswa telah terinfeksi mengidap HIV/AIDS. Penularan HIV/AIDS mengalami pergeseran, tidak hanya mengincar kelompok berisiko seperti PSK, waria, gay, dan pengguna jarum suntik (penasun) saja. Dan tidak heran kelakuan-kelakuan para pelajar sekarang sudah keterlaluan seperti berhubungan seks, sehingga bisa mengakibatkan bahaya terinfeksinya penyakit HIV/AIDS dikalangan pelajar. Hal ini juga pernah dialami oleh beberapa tokoh terkenal sehingga mereka meninggal karena mengidap HIV/AIDS. Siapa saja para tokoh-tokoh terkenalnya?

Berikut 10 Orang Terkenal Yang Meninggal Akibat AIDS:

1. Freddie Mercury
Freddie Mercury (lahir di Stone Town, Zanzibar - sekarang termasuk wilayah Tanzania, Afrika Timur, 5 September 1946 – meninggal 24 November 1991 pada umur 45 tahun) adalah vokalis grup musik rock Queen asal Britania Raya yang bernama asli Farrokh Bulsara. Semasa duduk di bangku sekolah kawan-kawannya menjulukinya "Freddie" sehingga akhirnya keluarganya memanggilnya Freddie juga.

Ia terlahir dari keluarga keturunan Parsi India (Zoroastrian). Orang tuanya adalah seorang diplomat yang selalu berpindah-pindah, hingga akhirnya menjadikan Zanzibar sebagai tempat kelahiran Freddie Mercury. Menjelang remaja mereka hijrah ke Inggris karena terjadi perang dan akhirnya mereka menetap di sana.
Dalam dunia musik internasional nama Freddie Mercury adalah salah satu Legenda musik Rock. Karya-karyanya termasuk musik abadi yang dapat didengar segala usia.

Menurut rekannya Brian May, Mercury adalah musisi yang berbakat sekaligus eksentrik. Freddie menulis lagu dengan kunci-kunci yang aneh. Kebanyakan band rock memainkan kunci A atau E, dan bisa D atau G, lain dengan musik Freddie yang mempunyai struktur chord yang aneh dan susah dimainkan dengan gitar. Dia dilahirkan dengan bakat dalam bidang seni yang luar biasa, sehingga tak ada satupun grup musik yang bisa menyaingi lagu-lagu yang digubahnya.

Grup musik Queen yang beranggotakan Freddie Mercury, Brian May, John Deacon dan Roger Taylor, pernah dinobatkan oleh majalah Rolling Stone sebagai satu-satunya grup musik rock yang seluruh anggotanya bergelar Sarjana meskipun tidak pernah penghargaan resmi untuk itu.
Banyak grup Rock modern yang menganggapnya sebagai panutan, seperti Guns N' Roses, Metallica hingga XPDC. Ia meninggal akibat AIDS pada 24 November 1991.

2. Liberace
Wladziu Valentino Liberace(lahir di West Allis, Wisconsin, 16 Mei 1919 – meninggal di Palm Springs, 4 Februari 1987 pada umur 67 tahun) atau terkenal dengan nama Liberace adalah pianis flamboyan asal Amerika Serikat keturunan Polandia-Italia. Liberace adalah artis penerima bayaran terbesar di dunia sepanjang dekade 1950-an hingga 1970-an ketika Elvis Presley dan The Beatles sedang berada di puncak kepopuleran mereka.

Penampilan panggung terakhirnya di Radio City Music Hall, New York City, 2 November 1986. Wawancara dengan Oprah Winfrey pada hari Natal 1986 merupakan penampilan terakhirnya di televisi. Liberace meninggal dunia dalam usia 67 tahun, 4 Februari 1987 di rumah peristirahatan musim dingin miliknya di Palm Springs, California akibat komplikasi yang menyertai AIDS.

3. Rock Hudson
Rock Hudson (17 November 1925-2 Oktober 1985) merupakan seorang aktor berkebangsaan Inggris yang terkenal di era 1950-an dan 1960-an. Dia dilahirkan di Winnetka, Illinois. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1948 hingga 1984. Dia meninggal dunia pada tahun 1985 karena AIDS. 

4. Perry Ellis
Perry Ellis Edwin lahir di Portsmouth, Virginia, pada tanggal 3 Maret 1940, sebagai anak tunggal dari Edwin dan Winifred Rountree Ellis. Ayahnya memiliki sebuah perusahaan Batubara dan Minyak yang memungkinkan keluarga untuk hidup kelas menengah yang nyaman. Perry lulus dari Woodrow Wilson High School di Portsmouth, Virginia pada tahun 1957. Perry kemudian belajar di College of William and Mary, di Williamsburg, Virginia, dan lulus dengan gelar di bidang administrasi bisnis pada tahun 1961. Dia terdaftar di Amerika Serikat Coast Guard cadangan untuk menghindari wajib militer. Dia kemudian mulai di ritel department store di Richmond, Virginia untuk mendapatkan pengalaman dalam industri fashion sebagai pembeli dan merchandiser di department store Miller & Rhoads. Sementara di sana, dia adalah co-pendiri toko ritel Richmond A Sunny Day. Ia kemudian bergabung dengan perusahaan pakaian olahraga John Meyer di New York. Meskipun ia tidak bisa sketsa, ia tahu persis bagaimana industri bekerja dan terbukti menguasai ide-ide inovatif yang menciptakan 'klasik baru' bahwa wanita Amerika merindukan saat itu.

Dipuji oleh para kritikus sebagai desainer pakaian olahraga Amerika yang ideal dan dicintai oleh konsumen perempuan, Ellis, bersama dengan induk perusahaan Perusahaan Vera The ', mendirikan rumah mode sendiri, Perry Ellis Internasional, pada tahun 1978. Dia membuka showroom-nya di New York modis Seventh Avenue.

Sepanjang tahun 1980-an perusahaan terus memperluas dan mencakup berbagai label seperti Perry Ellis Koleksi dan Perry Ellis Portfolio. Pada tahun 1982, perusahaan memiliki lebih dari 75 staf. Pada tahun 1984, Perry Ellis Amerika diciptakan bekerjasama dengan Levi Strauss. Pada tahun 1985, ia hidup kembali harga kurang garis Portofolio nya. Pada awal 1980-an, pendapatan grosir telah menemukan sekitar $ 60 juta. Pada 1986 jumlah itu meningkat menjadi sekitar $ 250 juta.
Perry Ellis meninggal karena AIDS pada Mei 1986.

5. Arthur Ashe
Arthur Robert Ashe, Jr (10 Juli 1943 - 6 Februari 1993) adalah seorang pemain tenis profesional, lahir dan dibesarkan di Richmond, Virginia. Selama karirnya, ia memenangkan tiga gelar Grand Slam, menempatkan dia di antara yang terbaik yang pernah dari Amerika Serikat. Ashe, seorang Amerika Afrika, adalah pemain kulit hitam pertama yang pernah dipilih untuk tim Piala Davis Amerika Serikat dan satu-satunya pria kulit hitam yang pernah memenangkan gelar tunggal di Wimbledon, AS Terbuka, atau Australia Terbuka.
Ia meninggal karena AIDS pada tahun 1993.

6. Esteban De Jesús
Esteban De Jesús (2 Agustus 1951 - 11 Mei 1989) adalah seorang petinju juara dunia kelas ringan yang hidupnya penuh kontroversi, masalah dan skandal. De Jesus, seorang penduduk asli kota Carolina, Puerto Rico. Ia dilatih oleh ayahnya Wilfredo, Gregorio Benitez. Dia adalah petinju pertama untuk mengalahkan Roberto Duran sebagai petinju profesional dan meninggal karena AIDS pada usia 37 tahun.

7. Rudolf Nureyev 
Rudolf Nureyev Khametovich (17 March 1938-6 Januari 1993) adalah seorang penari Rusia, dianggap sebagai salah satu penari balet paling terkenal abad ke-20 . Keterampilan artistik Nureyev dieksplorasi daerah ekspresif dari tarian, memberikan peran baru kepada laki-laki penari balet yang pernah bertugas hanya untuk memberi dukungan bagi para wanita.

Ketika AIDS muncul di Perancis sekitar tahun 1982, Nureyev tidak mengubah gaya hidupnya. Dia hanya membantah ada sesuatu yang salah dengan kesehatannya. Pada tahun 1990, Rudolf menjadi jatuh sakit. Kinerja terakhirnya adalah dalam produksi La Bayadère di Palais Garnier. Pada tahun 1993, Rudolf Nureyev meninggal di Levallois-Perret dari penyakit terkait AIDS. Rudolf dianggap sebagai salah satu penari balet paling terkenal abad ke-20.

8. Anthony Perkins
Anthony Perkins (April 4, 1932 - September 12, 1992) adalah seorang Aktor terkenal Amerika terbaik untuk nominasi Oscar dalam perannya di Friendly Persuasion (1956).
Perkins meninggal pada 12 September 1992, dari komplikasi AIDS. Dia dikremasi, dan abunya diberikan kepada keluarganya. Istrinya, Berry Berenson terbunuh di pesawat American Airlines Flight 11 pada serangan teroris 11 September pada tahun 2001.

9. Howard Ashman 
Howard Ashman Elliott (17 Mei 1950 - 14 Maret 1991) adalah seorang penulis lirik. Ashman pertama belajar di Boston University dan kemudian melanjutkan sekolahnya hingga mencapai gelar master dari Universitas Indiana pada tahun 1974. Dia berkolaborasi dengan Alan Menken di beberapa film fitur animasi terutama untuk Disney.
Pada tanggal 14 Maret 1991, Ashman tewas setelah komplikasi dari AIDS usia 40 di New York City, setelah menyelesaikan pekerjaan di Beauty and the Beast & Aladdin.

10. Keith Haring
Keith Haring (4 Mei 1958-16 Februari 1990) merupakan seorang pelukis berkebangsaan Amerika Serikat. Dia mengutamakan gambar-gambar utamanya seperti gambar graffiti. Dia dilahirkan di Pittsburgh, Pennsylvania. Dia pertama kali menggambar di subways New York. Pada pameran yang dilakukan oleh fotografer Tseng Kwong Chi.
Dia meninggal dunia pada tahun 1990 akibat AIDS yang dideritanya.

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11771584

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update