Copyright © 2015 Panji Ploembond All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Sunday, October 23, 2011

10 Film Zombie Terbaik di Dunia

Zombie adalah sebuah makhluk berbentuk manusia tetapi setengahnya adalah monster, dan akal pikirannya pun sudah tidak ada. Zombie terkenal dengan cara membunuh korbannya (biasanya manusia normal) dengan cara menggigit, nah gigitan tersebut biasanya akan bereaksi di dalam tubuh korbannya dan merubahnya menjadi zombie. Kita biasanya sering mengenal zombie dari film, berbagai film bertemakan zombie pun beredar banyak dan dibuat oleh produser-produser film. Para produser film pun saling berkompetisi membuat sebuah film bertemakan zombie yang dapat membuat penonton yang menontonnya merasa terhibur, sekaligus memunculkan kengerian dan dapat mendebarkan penonton.

Dari sekian banyak film bertemakan zombie, jujur saya sulit untuk menerangkan film zombie mana saja yang layak dikatakan 'Terbaik', soalnya saya juga bukan kritikus film maupun Movieholic sejati hehe. Tapi setelah saya search dari berbagai sumber referensi, ditambah filmnya yang sudah saya tonton, saya akhirnya akan merangkai sebuah artikel tentang beberapa film zombie yang terbaik dan sekaligus mungkin bisa menjadi referensi sobat untuk menonton sebuah film bertemakan zombie. Oke, berikut ini adalah 10 Film Zombie Terbaik di Dunia yang sudah saya rangkai sedemikian rupa. Selamat membaca.

10. DogHouse
panjiploembond.blogspot.com
Di posisi sepuluh ditempati oleh film Doghause. Doghouse adalah film bertemakan zombie yang dikemas dengan unsur horror sekaligus komedi, di film ini bercerita tentang Vince yang sedang depresi berat akibat perceraian yang dia alami baru-baru ini. Melihat temannya mengalami depresi berat, enam temannya yaitu Neil, Mikey, Graham, Matt, Patrick dan Banksy mengajaknya untuk berlibur bersama ke sebuah desa bernama Moodley, yang dimana katanya di desa itu kebanyakkan dihuni oleh para perempuan daripada laki-laki. Ketika sampai ke desa tersebut, mereka dikejutkan dengan suasana desa yang sepi tidak ada orang sama sekali, bahkan yang katanya banyak perempuan pun tidak mereka jumpai. Mereka pun akhirnya menyadari bahwa desa itu yang katanya dihuni oleh para perempuan cantik kini berubah menjadi perempuan yang tidak cantik lagi. Bahkan perempuan-perempuan tersebut mencoba mendekati dan mengejar bukan untuk menggoda mereka, melainkan untuk mencoba menggigit mereka. Sepanjang film mereka mencoba bertahan hidup dan membunuh zombie-zombie, tentunya dengan nuansa komedi sepanjang film, jadi jangan takut bila anda menonton film ini.

9. Zombieland
panjiploembond.blogspot.com
Film zombie ini dirilis tahun 2009 dan merupakan film zombie komedi, yang diperankan antara lain oleh Woody Harrelson, Jesse Eisenberg, Emma Stone, Abigail Breslin, dan lain-lain. Film zombie yang disutradarai oleh Ruben Fleischer ini diceritakan bahwa di seluruh dunia (Bumi) telah terinfeksi virus penyakit sapi gila, hampir di seluruh dunia terkena virus itu. Yang mengakibatkan semua manusia berubah menjadi zombie. Namun, siapa sangka ada satu orang mahasiswa bernama Columbus yang tidak terpengaruh dengan virus itu. Columbus mencoba untuk melarikan diri dari kampusnya di Austin, Texas untuk pergi ke Columbus, Ohio, Amerika Serikat untuk melihat orang tuanya apakah mereka masih hidup. Columbus bertemu dengan Tallahassee (Woody Harrelson) yang masih belum terinfeksi virus yang berusaha untuk mencari Twinkie, yaitu sebuah sneak kue. Mereka akhirnya pergi bersama. Tentu saja di sepanjang film mereka bertemu dengan orang yang selamat lainnya seperti Wichita (Emma Stone) dan Little Rock (Abigail Breslin). Mereka bersatu untuk melawan zombie-zombie yang hendak ingin membunuh mereka.

8. Shaun of The Dead
panjiploembond.blogspot.com
Film ini cocok bagi anda yang ingin menonton film zombie yang dikemas unsur komedi, film ini dirilis pada tahun 2004 dan disutradarai oleh Edgar Wright yang juga terkenal menjadi penulis dalam film The Adventures of Tintin yang disutradarai oleh Steven Spielberg. Film ini diperankan antara lain oleh Simon Pegg, Kate Ashfield, Lucy Davis, Nick Frost, Dylan Moran, Bill Nighy, Penelope Wilton, Peter Serafinowicz dan Jessica Stevenson. Bercerita tentang Shaun (Simon Pegg) seorang sales toko elektronik yang hidupnya selalu monoton tanpa ada peningkatan, ditambah lagi dia memiliki hubungan yang tidak bagus dengan bapak angkatnya. Dirumah ia tinggal besama teman akrab sekamarnya yang nantinya akan menemani Shaun untuk melawan zombie. Keesokan harinya sebuah virus telah menjangkit kota tempat tinggalnya dan merubah penduduk menjadi zombie. Sepanjang film Shaun tentu akan bertemu dengan orang yang selamat lainnya untuk bersama melawan zombie. Bersama kekasihnya, Liz, Shaun berusaha untuk menghindar dari keganasan zombie. Jujur, menonton film ini telah berhasil membuat saya ketawa-ketiwi, seakan-akan mengurangi ketegangan dalam menonton filmnya. Film ini saya rekomendasikan bagi anda untuk ditonton.

7. Planet Terror
panjiploembond.blogspot.com
Film ini disutradarai oleh Robert Rodriguez yang juga terkenal karena telah mensutradarai film Desperado, Once Upon a Time in Mexico, dan masih banyak lagi. Diperankan salah satunya oleh aktor action terkenal Bruce Willis. Film ini menceritakan Cherry Darlin (Rose McGowan) yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya selama ini menjadi penari latar untuk mencari pekerjaan yang lebih baik. Ia akhirnya mengunjungi mantan pacarnya yang misterius El Wray (Freddy Rodriguez) disebuah kedai barbeque milik J.T Hague (Jeff Fahey) dan kakaknya yang seorang sheriff daerah. Sementara itu, disebuah pangkalan militer Amerika Serikat, sekelompok pejabat yang dikepalai oleh Leutnant Muldoon (Bruce Willis) melakukan sebuah transaksi dengan seorang ilmuan kimia bernama Abby (Naveen Andrews). Transaksi tersebut merupakan sebuah pembelian sebuah zat bio-kimia bernama DC-2 (codename: Project Terror). Setelah tahu ternyata di tangan Abby ada pasokan tambahan, Lt. Muldoon menyandera ilmuan tersebut untuk mengambilnya. Namun ilmuan tersebut melepaskannya yang berisi gas ke atas langit, tidak menyangka gas tersebut menyebar dan menginfeksi penduduk seluruh kota menjadi zombie. Film ini sama seperti film zombie pada umumnya, di sepanjang film tokoh utama harus melawan para zombie-zombie. Apalagi salah satu pemeran utama dalam film ini yaitu Cherry Darlin (Rose McGowan) dalam salah satu adegan menampilkan satu kakinya yaitu kaki kanannya diamputasi dan dengan sengaja ditusukkan senjata ke kakinya dan bersiap untuk menembak zombie dengan kakinya. Siapkah untuk sobat tonton?

panjiploembond.blogspot.com

6. Bio Zombie
panjiploembond.blogspot.com
Bio Zombie adalah sebuah film zombie komedi Hong Kong yang dirilis pada tahun 1998 dan disutradarai oleh Wilson Yip yang juga terkenal karena mensutradarai film seperti IP Man, IP Man 2, Dragon Tiger Gate dan lain-lain. Film ini dibintangi oleh Jordan Chan, Sam Lee, Angela Tong dan masih banyak lagi. Jangan heran bahwa semua pemeran dalam film ini adalah orang Hong Kong. Dalam film ini bertempat di sebuah mal, dimana 2 anak muda bekerja bersama dengan yang lainnya. Sebuah pengunjung yg sekarat akhirnya berubah menjadi zombie dan menginfeksi yg lainnya. Mau tidak mau, mereka harus bertahan hidup.
 
5. Quarantine
panjiploembond.blogspot.com
Quarantine merupakan film horor Amerika yang dirilis pada tahun 2008, diadaptasi dari film horror Spanyol berjudul REC; bisa dibilang ini adalah versi Hollywoodnya. Film ini disutradarai oleh John Erick Dowdle dan diperankan antara lain oleh Jennifer Carpenter, Jay Hernandez, Columbus Short, Greg Germann, Steve Harris, Dania Ramirez, Rade Šerbedžija, Johnathon Schaech dan masih banyak lagi. Bercerita tentang seorang reporter bernama Angela Vidal (Jennifer Carpenter) dan kameramen Scott Percival (Steve Harris) yang ditugaskan mengikuti kegiatan para pemadam kebakaran bersama dua petugas bernama Jake (Jay Hernandez) dan Fletcher (Johnathon Schaech) saat mereka shift malam. Tiba-tiba panggilan telepon datang dari sebuah apartemen, akhirnya dua petugas pemadam kebakaran itu (Jake dan Fletcher) bersama Angela, Scott dan dua petugas polisi yaitu Danny (Columbus Short) dan James (Andrew Fiscella) pergi ke apartemen itu. Sesampainya di apartemen mereka bertemu dengan pemilik apartemen tersebut, Yuri (Rade Šerbedžija) dan penghuni lainnya yang mendengar suara jeritan di ruang kamar wanita tua bernama Mrs. Espinoza. Mereka segera menuju ke kamar tersebut, ketika mereka sudah menuju ke kamar tersebut keadaan wanita tua itu sudah dalam kondisi tidak baik, dan wanita tua itu tiba-tiba menggigit leher salah satu petugas polisi yaitu James; dan mereka akhirnya membawa dia turun untuk meminta bantuan medis. Sementara Fletcher masih diatas. Buruknya lagi, mereka menyadari ternyata pintu keluar tersebut telah dikunci dan gedung telah disegel oleh militer, kepolisian, dan pemerintah setempat. Keadaan menjadi mencekam ketika Fletcher tiba-tiba terjatuh dari atas. Film ini memakai gaya found footage, sehingga dapat memberikan kesan mencengangkan yang tidak terlupakan. Film ini cocok bagi anda yang ingin menonton film yang bagus, film ini harus anda tonton.

4. Dead Snow
panjiploembond.blogspot.com
Dead Snow adalah sebuah film horor Norwegia yang dirilis 9 Januari 2009, disutradarai oleh Tommy Wirkola dan dibintangi antara lain oleh Charlotte Frogner, Stig Frode Henriksen, Bjørn Sundquist, Ane Dahl Torp dan Jenny Skavlan. Dalam film ini bercerita tentang 7 mahasiswa yang berlibur di daerah Øksfjord, Norwegia yang semuanya dihiasi oleh salju putih. Namun, mereka tidak mengetahui bahwa ternyata terdapat sebuah cerita tentang di daerah tersebut terkubur para tentara-tentara NAZI pada saat Perang Dunia II, cerita yang warga sekitar ceritakan mampu membangkitkan seluruh tentara-tentara zombie NAZI dari dalam salju untuk berusaha membunuh mereka. Zombie yang hanya mereka lihat di film-film kini dihadapan mereka, mereka berusaha untuk bertahan hidup bersama dan berusaha untuk membunuh para zombie tentara NAZI itu. Seru, bukan? Film ini menceritakan kepada penonton bagaimana sosok tentara NAZI saat Perang Dunia II saat menjadi zombie!

Beginilah sosok zombie dalam film Dead Snow:

panjiploembond.blogspot.com

panjiploembond.blogspot.com

panjiploembond.blogspot.com

3. [REC]
panjiploembond.blogspot.com
[REC] merupakan film zombie yang jalan ceritanya persis seperti film Quarantine, yang membedakannya, film ini adalah versi Spanyolnya. Disutradarai oleh Jaume Balagueró dan Paco Plaza. Diperankan antara lain oleh Manuela Velasco, Ferrán Terraza dan masih banyak lagi. Film ini bercerita tentang Ángela Vidal (Manuela Velasco) dan seorang kameramen Pablo (wajah kameramennya tidak muncul di film) yang sedang meliput shift malam di Stasiun Pemadam Kebakaran Lokal Barcelona untuk seri dokumenter fiksi televisi While You're Asleep. Seorang pemadam kebakaran menerima sebuah panggilan dari sebuah apartemen, mereka bersama polisi dan petugas pemadam kebakaran menuju kamar asal suara teriakan itu dan tiba-tiba seorang polisi digigit lehernya. Pokoknya film ini jalan ceritanya sama seperti film Quarantine.

2. Dawn Of The Dead
panjiploembond.blogspot.com
Posisi runner-up ditempati oleh film Dawn of The Dead. Wajar film ini saya tempatkan pada posisi 2 karena cerita dan gambaran dalam filmnya bagus. Film ini merupakan remake dari film tahun 1978 dengan judul yang sama. Dirilis pada tahun 2004, disutradarai oleh Zack Snyder dan diperankan antara lain oleh Sarah Polley, Ving Rhames, Jake Weber, Mekhi Phifer dan masih banyak lagi. Dawn of The dead bercerita tentang Anna, seorang perawat yang hampir saja mati ketika diserang oleh suaminya sendiri yang berubah menjadi ganas karena gigitan anak tetangganya. Yang sebelumnya, Ana melewatkan acara Breaking News Darurat di televisi tentang adanya kekacauan di kotanya saat dia dan suaminya sedang berhubungan seks. Keesokan harinya, Vivian (Hannah Lochner) anak tetangga mereka masuk ke dalam kamar Ana dan suaminya, Luis (Louis Ferreira), anak tersebut yang sebenarnya adalah zombie mulai menggigit suaminya dan dalam beberapa saat suaminya berubah menjadi zombie dan ganas. Suaminya berusaha ingin membunuh Anna dan akhirnya Anna berhasil keluar dan lolos dari keganasan suaminya, ia menyadari bahwa kota tempat tinggalnya tidak seperti biasanya. Ia segera naik mobil dan akhirnya mengalami kecelakaan, ia bertemu dengan orang yang selamat lainnya seorang Sersan Polisi Kenneth Hall (Ving Rhames), Michael (Jake Weber), Andre (Mekhi Phifer) dan istrinya yang sedang hamil, Luda (Inna Korobkina). Mereka bertahan hidup di sebuah mal, dan berusaha melawan para zombie.

1. 28 Days Later
panjiploembond.blogspot.com
Oke, inilah film zombie terbaik di dunia nomor satu menurut saya. Wajar film ini saya jadikan nomor satu dari 10 Film Zombie Terbaik, kenapa? Karena settingnya salah satu kota di Inggris, yaitu London. Dimana dalam film tersebut terlihat seluruh kota London seperti kota mati. Bercerita tentang Jim (Cillian Murphy), seorang kurir bersepeda bangun dari koma 28 hari kemudian di St Thomas Hospital. Ketika sadar, ia mencoba untuk keluar dan kaget dengan kota London yang sepi. Hanya dia sendiri. Jim tiba-tiba dikejar oleh orang-orang psikotik dan akhirnya diselamatkan oleh dua orang yang selamat, Selena (Naomie Harris) dan Mark (Noah Huntley). Mereka segera membawa Jim ke tempat persembunyian mereka di London Underground. Mereka akhirnya saling akrab dan bersatu untuk menyelamatkan diri dari kota tersebut untuk segera menemukan para anggota militer serta pengungsi lainnya di daerah Manchester, Inggris. Maka nya mereka bertujuan pergi ke Manchester supaya bisa bergabung dengan para anggota militer dan pengungsi lainnya. Menurut berita diradio, militer dan pengungsi yang selamat membuat sebuah pertahanan di daerah Manchester. Diakhir film, para orang yang selamat membentangkan kain besar yang bertuliskan "HELLO" dibaringkan di padang rumput, bertujuan untuk memberitahukan kepada pesawat jet Finlandia yang sedang kebetulan lewat.

Sutradara film ini adalah Danny Boyle, yang juga terkenal karena pernah mensutradarai film Slumdog Millionaire. Film 28 Days Later ini sudah dibuat sekuelnya yaitu 28 Weeks Later, dan menurut saya film 28 Days Later maupun film 28 Weeks Later sama-sama bagus dan menarik untuk ditonton.

Masih banyak lagi film-film zombie yang tak kalah menarik seperti I'am Legend dan lain-lain. Saya hanya menyimpulkan 10 film saja.

5 comments:

  1. kak izin copy paste postingan inim ke blogv saya tapi nanti make sumbernya kok..makasih ya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, kasih sumbernya yah. Sama-sama, salam blogger Indonesia :)

      Delete
  2. rec itu tahun 2007 klo Quarantine remake ver hollywood 2008

    ReplyDelete
  3. House of the Dead, Day of the Dead...juga bagus

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Demi kemajuan blog ini silahkan anda berkomentar, tapi tolong jangan memberi komentar berupa:
- Sara
- Spam
- Jangan tinggalkan Link, baik AKTIF maupun TIDAK
- Menyinggung suatu agama, organisasi maupun perorangan

Jika ada komentar yang terbukti ada spam, link aktif maupun tidak, dan menyinggung suatu organisasi, agama maupun perorangan; akan segera saya hapus. Tolong, supaya anda berkomentar dengan bijak. Terima kasih.

 

Other Articles

Twitter Update

Pengelola Blog

My Photo

Hanya laki-laki sederhana. Pemilik blog Panji Ploembond